Wacagub Jabar Haji Ahmad Syaihu Komitmen Terhadap Lingkungan

Menurut Haji Ahmad Syaihu, jika saja seluruh masyarakat bersama birokrasi pemerintah dan juga seluruh stakeholder berkomitmen dalam memperbaiki lingkungan khususnya menata dan mengolah sampah dengan baik, niscaya tidak akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat ini berpendapat,peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan sangat diperlukan. Minimal jangan membuang sampah sembarangan. Itu sebabnya agar program penanggulangan sampah berjalan efektif harus didukung peran serta masyarakat.

Begitu juga dengan peran pemerintan kota harus terus ditingkatkan, misalnya dengan meningkatkan pelatihan-pelatihan pengolahan sampah termasuk juga pengadaan bank sampah dan bantuan mesin pencacah sampah. ‘’Sekarang ini mesin-mesin mencacah sampah belum dipergunakan secara maksimal karena kurangnya edukasi dalam mengoperasioanlkannya,’’jelasnya.

Program-program edukasi ini menjadi penting dan mengarahkan hasil-hasil pengolahan Bokashi (kompos) yang masyarakat buat itu di manfaatkan sebesar-besarnya kepada petani yang membutuhkan pupuk organic tersebut.(A)

Komentar