EM4 Atasi Masalah Limbah di Apartemen Puri Kembangan Jakarta

Penangganan limbah menjadi hal utama untuk memberikan kenyaman pada hunian vertikal, limbah domestik sebisa mungkin dikelola agar tidak menganggu kenyaman penghuni dan warga sekitar. Hal inilah yang dilakukan oleh Apartemen Puri Garden Kembangan, Jakarta Barat. Limbah domestik ditreatmen menggunkan  teknologi EM4, sehingga limbah tidak mencemari lingkungan warga.  

Melalui Teknologi EM4, secara biologis limbah diuraikan oleh Mikroogarnisme aktif yang terdapat pada EM4. limbah dikelola dan difermentasi hingga tidak berbau, aman, dan tidak mencemari lingkungan. Limbah yang dibuang ke badan air juga tidak mencemari lingkungan masih berada dibawah ambang batas yang ditentukan. Teknologi EM4 dapat membantu mengatasi masalah limbah  dihunian  vertikal yang selama ini jadi masalah

Penghuni apatermen Puri Kembangan di lantai satu dan dua yang berada tidak jauh dari tempat pengelolaan limbah tetap nyaman dan tidak terganggu dengan aktifitas pengolahan limbah yang berada di basment apartemen. Hal tersebut tak lepas dari peranan EM4 yang menguraikan limbah secara sempurna serta dapat menekan bau yang kurang sedap.

Ferry yang menjadi Managemen Puri Garden mengatakan, EM4 pengolahan limbah sangat efektif dalam pengolahan limbah, melalui teknologi EM4, Masalah limbah domestik yang dikeluhkan oleh para penghuni apartemen dapat diatasi.” Terutama bau yang kerap menjadi masalah di semua tempat tidak hanya di aparteman saja, melalui teknologi EM4 semua dapat diatasi, tidak hanya mengatasi bau saja, limbah  yang ditreatmen dengan EM4 juga aman dan  tidak mencemari lingkungan sekitar,’ ujarnya.

EM4 Pengolahan Limbah sangat efektif dalam menekan polutan organik, berbagai mikroorganisme yang terdapat dalam EM4 secara sinergis menguraikan polutan organik serta menangkap gas yang menyebabkan bau (H2S, NH3, dll) sehingga udara tetap bersih, disamping itu bakteri asam laktat dan Actinobacteria dalam EM4 secara signifikan mampu menekan bakteri pathogen. Bakteri yang terdapat dalam EM4 juga menurunkan kadar BOD dan COD sehingga air limbah yang telah diolah dapat dimanfaatkan 

Apartemen Puri Kembangan menerapkan  Sistem Biofilter Anaerob-Aerob pada pengolahan limbah. Limbah domestik ditreatmen  melalui beberapa tahapan, di mulai dari bak penampungan utama atau pengendap pertama, lalu bak pengendap kedua (zona anaerob) , dan diuraikan kembali di bak biofilter  aerob dan bak pengendap akhir sebelum limbah dibuang ke badan air

 EM4 aktif (em limbah yang sudah dicampur molas dan difermentasi) diberikan rutin setiap hari pada bak penampungan utama.  Dosisnya disesuaikan dengan  debit air limbah masuk.  1 liter EM4 dapat digunakan  dalam 1000 liter (tm3) limbah cair pada tempat kolam penampungan limbah. Dengan bantuan aerator atau blower EM4 akan larut ke dalam air limbah secara merata.

Sebelumnya Apartemen Puri kembangan menggunakan produk kimia untuk mengolah limbah domestik,  namun produk kimia yang harganya cukup mahal tersebut tidak mampu menguraikan limbah secara sempurna, aroma yang kurang sedap masih tercium dari tempat pengolahan limbah. setelah aplikasi EM4, masalah tersebut dapat teratasi, biaya pengolahan limbah juga dapat ditekan. Hingga kini, Teknologi EM4  digunakan pada pengolahan limbah di hunian mewah Apartemen Puri Kembangan

Ferry mengatakan, pengolahan limbah sebelumnya tidak bisa mengatasi bau, aroma tak sedap masih tercium dari tempat pengolahan limbah, hal tersebut dikeluhkan oleh penghuni apartemen terutama dilantai bawah yang berdekatan dengan pengolahan limbah.  Melalui internet ia mendapatkan informasi EM4 penngolahan limbah, namun di seputar Puri Kembangan Sulit ditemukan EM4 pengolahan Limbah.

Ia hanya mendapatkan  EM4 botol kuning untuk Pertanian.  Karena  mendesak,  EM4 pertanian ia gunakan dan dimasukan pada bak pengelolaan limbah,  hasilnya bau limbah berkurang dalam waktu beberapa hari.  “EM4 botol kuning,  yang bukan diperuntukan untuk limbah sudah dapat mengurangi bau,  apalagi EM limbah yang diperuntukan khusus limbah.  Saya putuskan order langsung EM4 Pengolahan Limbah dari kantor Kebagusan, hasilnya pasti lebih bagus“ ujarnya.

Benar saja, belum sampai satu bulan, EM4 Pengolahan Limbah diterapkan, bau menyengat yang sebelumnya tercium dari tempat pengolahan limbah perlahan berkurang dan hilang. penghuni apartemen tidak lagi mencium aroma kurang sedap yang ada hanya udara segar di sekitar Apartemen limbah yang dibuang melalui saluran pembuangan juga tidak dikeluhkan oleh warga sekitar karena tidak berbau dan bersih. EM4 Pengolahan limbah terbukti dapat mengatasi limbah. Hingga saat ini, Teknologi EM4 digunakan untuk mentreatmen limbah domestik  Apartemen Puri kembangan.

Komentar