KKN UNAND Ajak Petani Sungai Dareh Olah Limbah Jerami Padi Jadi Pupuk Kompos

Melalui pengabdian masyarakat di Desa Sungai Dareh Mahasiswa KKN UNAND melakukan pendampingan mengenai pempuatan pupuk kompos dari limbah jerami padi dengan dekomposer yaitu EM4 yang diikuti oleh Kelompok Tani Jorong Padang Candi, yang diawasi oleh Sekretaris Nagari Sungai Dareh yang dilaksanakan di salah satu tempat kelompok tani Jorong Padang Candi, Nagari Sungai Dareh.

Kegiatan ini diawali dengan pemberian materi mengenai pupuk kompos mulai dari apa itu kompos, manfaat pupuk kompos, bahan-bahan yang diperlukan, hingga langkah pembuatannya. Selanjutnya dilakukan demonstrasi mengenai pembuatan pupuk kompos serta diakhiri dengan sesi tanya jawab.

“Ilmu yang telah adik-adik berikan sangat bermanfaat bagi kami untuk keberlanjutan pertanian di daerah ini,” ucap Mul, salah seorang kelompok tani Jorong Padang Candi.

Pupuk kompos dari limbah jerami ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya kekurangan unsur hara dalam tanah dan meningkatkan kesuburan tanah untuk budidaya tanaman, juga untuk memanfaatkan limbah jerami padi yang biasanya tidak dimanfaatkan sepenuhnya.

link: https://infosumbar.net/berita/berita-kampus/kkn-unand-ajak-petani-sungai-dareh-olah-limbah-jerami-padi-jadi-pupuk-kompos/

Komentar