Urine Kambing EM4 Bagus Untuk Tanaman

Tak hanya air seni Kelinci saja yang banyak dicari petani. tetapi sekarang air seni ternak kambing fermentasi banyak diburu petani. Pasalnya, Air seni ternak tersebut diyakini dapat meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan.’’ Untuk lebih meningkatkan pertanian dan perkebunan air seni ternak harus difermentasi terlebih dulu dengan EM4 sehingga kandungan nutrisi yang dibutuhkan tanaman (Unsur makro dan mikro) lebih lengkap sehingga mampu meningkatkan produktivitas pertanian,’’kata Kelompok Tani Prima Nusantara (KTPN) Syukron Muchtar, wilayah Depok.
 
Menurut Syukron, selain dipakai sendiri, Muchtar yang memiliki kurang lebih 100 ekor domba dan kambing, juga menjual air seni fermentasi EM4 ini kepada petani lain di sekitar Depok.’’ Sekarang ini, pupuk cair air seni ternak,   kita pasok sebagian besar ke kelompok tani Prima Nusantara yang memiliki komoditi pertanian buah belimbing dan jambu merah. Namun dikemudian hari kita akan jual ke kelompok tani lain di wilayah Depok dan sekitarnya,’’katanya.
 
Air seni fermentasi sangat baik sekali untuk meningkatkan produktivitas buah jambu dan belimbing, terbukti setalah memberikan pupuk cair secara rutin dan sebelumnya memberikan bokashi padat  pada tanaman jambu dan belimbing, buah khas kota Depok ini selalu berbunga dan hampir setiap 4 hari sekali selalu panen. Begitu juga dengan  buah blimbung selalu berbunga dan menghasilkan produksi yang berkualitas. Selain memanfaatkan Air seni ternak sebagai pupuk cair, Syukron juga mempergunakan kotoran kambing untuk membuah pupuk bokashi.’’ Bahan buangan dari ternak kambing ini sangat bermanfaat untuk mendukung dunia pertanian terutama di kelompok tani Prima Nusantara,’’katanya.
 
Bagi Syukron, ternak kambing selain untuk memenuhi bisnis Catering yang 5 tahun digelutinya itu, sangat bermanfaat untuk usaha agrobisnis yang mulai digelutinya. Apalagi dengan teknologi EM4 yang membuah ternak lebih sehat dan gemuk. ‘’ Dengan teknologi EM4, dalam waktu 3 bulan ternak bisa mencapai 20 – 25 kilogram, ini merupakan keuntungan buat saya,’’katanya. Budidaya jambu merah juga sangat menguntungkan, karena jambu merupakan salah satu usaha di bidang agribisnis yang menjanjikan keuntungan. Permintaan pasarnya cukup besar, karena jambu merah atau dikenal juga sebagai jambu biji atau jambu klutuk ini, banyak mengandung vitamin A dan C. Pemasarannya tidak hanya di pasar tradisional, tetapi juga di supermarket. ‘’Sekarang ini kelompok Tani Prima Nusantara, memiliki lahan 5 ha dengan 13 anggota tani ini, setiap bulan dapat meraih Rp 50 juta dengan menjual Jambu Biji dan Belimbing Dewi. Produk itu dijual ke pedagang di sekitar pasar Kramatjati,’’katanya.

Komentar