Pertanian Ramah Lingkungan Di Era Revolusi Industri

Memasuki era Revolusi Industri generasi ke lima (5.0), Petanian ramah lingkungan diharapkan menjadi penyumbang divisa negara terbesar di Indonesia. Hal tersebut dapat terwujud dengan menghadirkan Sumber daya manusia (SDM) berkualitas, cerda dan cepat menguasai teknologi. Sektor pertanian juga harus dikembangkan dengan cara-cara kreatif dan kekinian sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.
SDM berkualitas dibentuk melalui pendidikan tinggi, Sekolah kejuruan, dan melalui berbagai penelitian, pengembangan Ilmu dasar dan ilmu terapan serta kembangkan budaya baca dan tulis pada generasi muda. selain itu, Sarjana lulusan universitas dituntut kreatip dan inovatif serta memiliki mental kerja produktip.
Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr (Founder Formula Minyak Oles Bokashi) pada acara webinar bertajuk “Pertanian Ramah Lingkungan Di Era Revolusi Industri 5.0” yang diadakan secara daring, selasa, 02 November 2021 di Universitas nasional Jakarta. Webinar diikuti 150 peserta dari berbagai kalangan, seperti petani, lurah, Perwakilan dinas pemerintah, mahasiswa, dosen dan kelompok tani dari berbagai pelosok tanah air. Webinar dimoderatori oleh Ir. Etty Hesthiati, M.Si (Dosen fakultas Pertanian)
 
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menjelaskan Pertanian ramah lingkungan adalah pertanian yang menghasilkan produk yang sehat, tidak hanya aman untuk lingkungan, juga aman bagi manusia serta pertanian berkelanjutan yang aman bagi kelangsungan dunia. Menurutnya Sektor pertanian juga merupakan sektor yang menjanjikan dan tak pernah surut, pertanian sebagai ekonomi produktif dan ekonomi kreatif serta bisa menjadi sumber devisa Negara. Selain itu, Sektor pertanian merupakan duta komunikasi bangsa, seperti halnya tempe yang sudah berhasil di Kyoto, Jepang.
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr atau yang diakrabi dengan sapaan Pak Oles didaulat sebagai narasumber tunggal, Pengusaha kelahiran Bali telah akrab dengan pertanian organik, bidang usahanya yang termasyur obat Herbal minyak oles Bokashi dan beberapa produk herbal kesehatan lainnya.

 
Pria low profil ini juga merupakan Direktur utama PT. Songgolangit Persada dengan produk pupuk cair Organik EM4. EM4 ada di 130 negara, dan EM4 Indonesia pengguna nomor satu di dunia. Hal tersebut, tak lepas dari kegigihan dan kerja kerasnya.
Pak oles juga menyarankan kepada Lulusan Pertanian untuk kembangkan jati diri untuk pengetahuan dan tekuni karena keahlian adalah ilmu yang dipraktekan, jika terus dipraktekan akan menjadi keahlian dan disitulah akan menjadi penghasilan, ‘ ujar Pak Oles. Tanya jawab seputar pertanian ramah lingkungan cukup aktip, dan semua pertanyaan dapat dijelaskan oleh Pak Oles nara sumber. Acara webinar ini ditutup dengan pembagian Produk Pak Oles kepada 10 peserta aktip yang bertanya .
Sebagai ucapan terimakasih, Pihak Fakultar Pertanian Universitar Nasional memberikan sertifikat penghargaan kepada Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr sebagai nara sumber.***

Komentar