Berkah Pedagang Kambing Dengan EM4

Pedagang kambing di seputar Jalan Raya Depok, Srengseng  Sawah Jakarta Selatan. Menggunakan ‘EM4 peternakan” sebagai campuran  pakan hewan. Pemberian EM4 dilakukan oleh para pedagang agar kambing sehat, tidak stress serta tidak terserang penyakit selama berada di kandang.

Sardi pedagang kambing asal Kutuarjo yang menempati salah satu kios mengatakan, Kambing dagangan biasanya didatangkan dari peternak lokal di luar Jakarta seperti,  Garut, Lampung, Jogyakarta , hingga daerah Jawa Timur, Bali  dan NTB. Selain itu, beberapa jenis kambing import dari luar Indonesia seperti India. “Selama pengiriman, kambing tidak medapatkan perlakuan layak, akibatnya kambing stress, tidak mau makan. bobot kambing juga turun drastis selama diperjalana. ini sangat  mempengaruhi nilai jual kambing” keluhnya. 
 
Namun, masalah tersebut dapat diatasi oleh Sardi setelah ia mengenal EM4 Peternakan. Wajahnya ceria kembali, setelah ia lihat kambing makan dengan lahap pakan yang di campur  EM4 Peternakan.’Saya sekarang tidak stress lagi begitu kambing turun dari truk, kambing makan lahap pakan rumput ,  Aroma EM4 rupanya menggoda selera makan kambing,”Jelas pria yang sudah berkeluarga ini. Pakan hewan dibuat Sardi dari rumput dan daun-daun yang disukai kambing, lalu bahan tersebut ditambah dedak dan EM4 peternakan.  Dosisnya, sesuai takaran tertera pada botol EM4 Peternakan. Bahan tersebut selanjutnya dimasukan pada wadah kantong plastik atau karung dan didiamkan selama satu minggu. Dan pakan siap diberikan pada kambingPakan diberikan tiga kali sehari dengan interval waktu 4 jam. Pakan diletakan pada wadah yang disediakan.”Meski kandang tidak jauh  dari jalan raya, kambing makan terus hal itu menunjukan kambing sudah beradaptasi dan tidak stress,’jelas Sardi. Pemberian pakan yang teratur dapat meningkatkan bobot kambing, “Beratnya bisa lebih meningkat dari kondisi semula ketika kambing baru dating,’’ katanya.Seperti kambing jenis kacang, sewaktu turun dari truk beratnya hanya 25 kg melalui pemberian pakan intesief selama 3 hari berat kambing ini bisa bertambah.  Kambing Etawa asal India yang bertubuh bongsor  setelah diberi pakan intensif beratnya bisa mencapai 91 kg, jenis kambing  lainnya yaitu  Kambing Gembrong asal Karang Asem Bali,  bobotnya bisa mencapai 45kg dengan pakan rumput yang ditambah EM4. Berbagai jenis kambing peternakan ada di kios Sardi seperti PE (kambing peranakan Etawa), kambing Saanen, dan kambing Boer serta jenis import lainnya.
 
Menurut pria paruh baya ini, Keuntungan lain EM4 peternakan,  ketersedian pakan selalu tersedia di tempatnya berdagang. Pasalnya, tidak ada pakan terbuang melalui EM4, pakan tersisah dapat digunakan kembali pada esok hari, Selain itu, pakan yang dibuat dengan campuran EM4 bisa tahan berbulan-bulan. ia tak khawatir lagi soal ketersedian pakan kambing di tempat usahanya.  EM4 juga dipakai Sardi untuk kebersihan kandang. “Larutan  EM4 peternakan dan air juga saya gunakan untuk membersihkan kadang, hasilnya, selain bersih kandang tidak berbau menyengat  dan  tidak ada lalat-lalat pada kandang ,” jelasnya

Konsumen umumnya tertarik oleh kambing dagangan Sardi,yang  terlihat, gemuk, bersih, dan penampilan fisik sempurna. selain itu, kebersihan kandang juga sebagai salah satu pemikat konsumen datang ke kios miliknya. Harga Kambing dijual sardi dari harga Rp.700 ribu hingga puluhan juta rupiah. Meskipun harga tidak berbeda jauh dengan pedagan kambing lainnya, konsumen banyak menyukai kambing yang dijual oleh Sardi. *ded

Komentar