Kacab SLP Jatim: Penggunaan EM Meningkat

Kepala Cabang PT Songgolangit Persada (PT SLP) Jawa Timur, Ali Masfuk mengatakan, penggunaan Effective Microorganisms (EM) di seluruh wilayah Jawa Timur dan di kawasan Indonesia bagian Timur dalam masa pandemi Covid-19 menunjukkan adanya peningkatan, meskipun sedikit, namun pasti.

“EM4 paling banyak dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan pertanian organik, menyusul sektor peternakan, perikanan, dan pengolahan limbah,” kata Kacab Ali Masfuk ketika dihubungi pakolesonline.com, via telepon Selasa siang.

Ia mengatakan, penyaluran keempat jenis EM4 setiap bulannya menunjukkan tren yang meningkat, berkat petani, peternak, petambak dan masyarakat umum menyadari betapa penting pupuk cair organik dalam mendukung kegiatan bidang pertanian, peternakan, perikanan dan mengatasi limbah.

Hal itu berkat kerja sama dengan semua pihak dan melakukan kegiatan penyuluhan secara berkesinambungan sejak tahun 2005 tentang Teknologi Effective Microorganisme yang ditemukan Prof Dr. TruoHiga, Guru Besar Bidang Hortikultura Universitas Ryukyus Okinawa, Jepang.“Berkat penyuluhan yang dilakukan secara terpadu, melibatkan instansi terkait dan kalangan perguruan tinggi, pupuk organik ramah lingkungan umumnya dikenal secara meluas di kalangan petani, peternak, petambak dan mayarakat luas,’ ujar ayah dari seorang putra dan putri.

Suami dari Juminiati menjelaskan, seluruh EM yang disalurkan melalui kantor Cabang JawaTimur seluruhnya didatangkan dari pabrik di Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali. EM4 untuk pertanian umumnya disalurkan ke seluruh kabupaten/kota di Jawa timur, termasuk untuk mendukung pengembangan hortikultura seperti jagung dan jenis tanaman lainnya. Sedangkan EM4 untuk mendukung pengembangan sektor perikanan yakni udang di Situbondo, Gresik.

Sedangkan mendukung pengembangan perikanan air tawar di Rogojampi, Muncar Kabupaten Banyuwangi dan sejumlah kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur. Sementara untuk pengembangan peternakan ayam petelur banyak dilakukan peternak di wilayah Kabupaten Blitar dan Malang. linktr.ee/pakolescom

Komentar