Tanaman Hias Antara Hobi dan Peluang Usaha

Di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lain-lain prospek bisnis tanaman hias sangat cerah. Apalagi program penghijauan sedang gencar digalakan. Apalagi sekarang ini, banyak warga yang  sadar akan pentingnya lingkungan yang hijau dan asri, walhasil, sudah banyak masyarakat kota menata halaman rumahnya dengan tanaman hias supaya kelihatan indah dan hijau nan asri. Begitu juga penyewaan tanaman hias sudah menjadi trend. Terutama untuk perkantoran, rumah sakit, bank, atau untuk acara tertentu. Memang, bisnis tanaman hias  tak ada matinya, usaha ini akan selalu  cerah selagi penduduk bumi ini cinta terhadap lingkungan yang asri. Pasalnya, tanaman hias sudah menjadi kebutuhan harian untuk penyejuk hati dan penyegar pikiran. Karena itu, kebutuhan akan tanaman hias terus  peningkat apalagi  dengan peningkatan pembangunan perumahan.
 
Tak hanya itu, hadirnya peluang usaha persewaan tanaman hias, menjadi salah satu bukti peluang usaha ini sangat menggiurkan. Peluang usaha ini muncul ketika sebagian pengelola kantor, gedung serta ruang – ruang publik lainnya tidak sempat lagi untuk menghadirkan suasana asri dan keindahan dalam ruangan mereka. Dengan adanya peluang usaha tersebut, kini banyak orang yang menekuni bisnis persewaaan tanaman hias.
Bagi yang memiliki keahlian dalam merawat berbagai macam tanaman, tinggal menyediakan stok tanaman hias yang cukup serta memiliki beraneka jenis dan ukuran. Karena dalam bisnis ini tidak semua konsumen memiliki permintaan pesanan yang sama.
Jasa persewaan tanaman hias juga biasa digunakan untuk event – event tertentu. Biasanya pemilik event organizer juga akan menggunakan jasa tersebut jika mengadakan acara – acara tertentu, misalnya saja pada saat seminar, acara pesta pernikahan, serta acara lain yang membutuhkan hiasan ruangan.
Tak heran bisnis tanaman hias ini, tak hanya dilakukan oleh nurseri besar dan  gerai tanaman hias pinggir jalan tetapi pedagang kaki limapun ikut bisnis ini. Apalagi, tanaman hias termasuk komoditas hobi yang pasti banyak diburu orang, dan kadang-kadang tanpa memperdulikan harganya.  Keberhasilan usaha tanaman hias memang membutuhkan kemampuan dalam budidaya dan pemasaran. Budidaya yang efisien dan tehnik penjualan yang tepat akan memberikan keuntungan yang baik.
 
Nah, hobi atau kegemaran pada titik tertentu, bisa berubah menjadi bisnis yang menarik dan menjadi komoditas yang bisa diperjual belikan Tapi, perlu diperhitungkan berbisnis tanaman hias tidak selalu untung .Banyak pengusaha tanaman hias yang gulung tikar karena kurangnya faktor penunjang. Mereka hanya memikirkan keuntungan saja, tanpa pemahaman keseriusan menjalani bisnis tersebut.
 
Berbisnis tanaman hias tidak jauh berbeda dengan bisnis lainnya. Persiapan yangg matang, modal dan keseriusan usaha merupakan titik awal berbisnis.
Selain naluri bisnis, pelaku bisnis harus menyukai tanaman. Karena tanaman termasuk mahluk hidup, maka resiko kegagalan paling besar adalah rusak atau mati. Cara perawatan yang tepat merupakan kunci utamanya. Bioteknologi yang sekarang sedang berkembang luas sekarang ini adalah Teknologi EM4, bisa menjadi acuan bagaimana merawat tanaman hias agar lebih subur dan tidak mudah terserang penyakit. (A)

Komentar