Aglonema Tumbuh Subur dan Sehat dengan EM4

Beragam Aglonema terlihat menghiasi taman di Villa LA 02 Ciawi Bogor, Dari jenis Butterfly, Venus, Adelia, Lady Valentine, Bigroy, Siam Arora, Red Chochin, Heng heng, Snow White, Liptiks  Hingga Dud Anjani. Lebih dari 25 jenis Aglonema tumbuh Subur, berkilau dan tampil sempurna. Ety Puziyanti pemilik mengatakan, semua koleksi tanaman hias miliknya dirawat menggunakan pupuk organik berteknologi EM4. Pilihan pupuk organik untuk memelihara tanaman hias, karena ramah lingkungan, murah dan mudah di dapat  serta bisa dibuat sendiri.   “Pupuk Bokashi saya buat sendiri, caranya relatif mudah, apalagi dengan teknologi fermentasi dengan EM4, hanya butuh waktu4 – 7 hari Bokashi sudah bisa diaplikasikan ke media tanaman.” ujar ibu berhijab ini. Pembuatan Bokashi juga cukup mudah, bisa dari limbah organik, hijauan, kohe, dedak dan sekam bakar. Bahan tersebut  selanjutnya difermentasi dengan EM4.

Kelebihan Bokashi adalah kadar unsur hara telah disesuaikan dengan kebutuhan tanaman serta pemakaiannya relatif efisien dan efektif.  Aplikasi Bokashi sangat bagus sekali karena kelengkapan unsur hara dan mineralnya, sehingga kebutuhan hara tanaman terpenuhi meskipun dalam media pot.

Untuk mendukung pertumbuhan Aglonema, tiap minggu tanaman disemprot pupuk organik cair (POC), tujuan pemberian POC ini untuk  memberikan warna daun lebih dan dapat mempercepat proses pembungaan. Penggunaan POC pada tanaman hias terutama Aglaonema yang berwarna merah akan menghasikan daun aglonema yang berkilau alami tanpa penambah zat lain.

POC dibuat sendiri menggunakan bahan organik yang mudah didapat, yaitu  Air cucian Beras, Air kelapa, molase. Bahan tersebut selanjutnya difermentasi dengan EM4. setelah 7- 10 hari POC bisa digunakan dengan terlebih dahulu diencerkan dengan dosis 10ml  POC dilarutkan dalam 1 liter air. Manfaat pemberian POC ini selain dapat menyuburkan tanaman, air beras yang difermentasi EM4 punya keanekaragaman bakteri antagonis, artinya bisa melawan bakteri jahat atau patogen. Juga dapat menginvasi sel telur hama kutu-kutuan menjadi pecah sebelum waktunya. Tak ayal daun yang selalu diaplikasikan dengan air cucian beras sebagai POC cenderung sehat dan subur.

EM4  menjadi andalan warga Lenteng agung ini agar tanaman potnya lebih subur dan sehat. Selain irit penggunaannya dengan fermentasi bisa dipakai berkali-kali dan tidak memakan waktu banyak. “Sudah pasti dengan teknologi EM4 tanaman hias sehat  dan berkilau,” terangnya  (DEDI)

Komentar