Pak Oles: PT. SLP Mengembangkan Produk Teknologi EM di Indonesia Atas Lisensi EMRO,Jepang

Direktur Utama PT Songgolangit Persada Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menegaskan, pihaknya mendapat kepercayaan  dan satu-satunya lisensi untuk melanjutkan pengembangan  teknologi Effective Microorganisme (EM4) di Indonesia dari penemunya Prof. Dr. Teruo  Higa, guru besar Bidang Hortikultura  University of The Ryukyus Okinawa, Jepang.

“Dalam merintis pengembangan EM di Indonesia, saya mulai dari Jakarta, dengan fokus melakukan penelitian , pengembangan EM sambil berbisnis, melakukan penyuluhan di akar rumput terutama kelompok tani, ternak dan kelompok perikanan,” kata Gede Ngurah Wididana yang akrab di sapa Pak Oles di Denpasar, Selasa.

Pak Oles mengatakan hal itu ketika berdiolog dengan  Kepala Pemasaran PT Songgolangit Cabang Bali-NTB Irkham Rosidi dan instruktur Pak Oles Green School  Ir. Koentjoro adijanto.

Ia menjelaskan, pengembangan EM di Indonesia itu dilakukan setelah menyelesaikan pendidikan Researcher, Faculty Agriculture, University of The Ryukyus, Jepang (1987-1988) dan Master of Agriculture, Faculty Agriculture, University of The Ryukyus, Jepang (1988-1990).

“Saya dengan kepercayaan dan lisensi satu-satunya di Indonesia dari Prof. Dr  Higa itu memulai merintis pengembangan pupuk organik dan pelopor  pertanian organik  di Indonesia,  yang saat itu banyak mendapat penolakan,” ujar Pak Oles.

Saat itu juga  mendirikan PT Songgolangit Persada dan pelan-pelan mengembangkan  usaha bisnis memproduksi EM, pupuk  organik Bokashi Kotaku dan Tanah Subur, yang kini cukup eksis, berkembang dengan pemasaran produksi menjangkau hampir seluruh darah di Indonesia..

EM4 yang didaftarkan di Indonesia sebagai pelopor pertanian organik di nusantara cukup melekat di kalangan masyarakat, khususnya kalangan petani di tanah air untuk mendukung pengembangan sektor pertanian dalam arti luas.

EM-4 yang dikembangkan di Indonesia terdiri atas empat jenis yakni EM-4 untuk pertanian, peternakan, perikanan dan mengatasi pencemaran limbah. EM4 ramah lingkungan dengan harga yang terjangkau mampu memberikan banyak manfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah dan produksi, mendukung pengembnagan sektor peternakan, perikanan dan mengatasi pencemaran. EM selain harga terjangkau juga mudah diperoleh, karena tersedia di setiap toko-toko dan kios pertanian di seluruh daerah di Indonesia, ujar Pak Oles. linktr.ee/pakolescom

Komentar