EM4 Efektif Budidaya Belut

Uji coba yang dilakukan Kebun Bokashi Farm Pak Oles di kawasan Waribang Denpasar Timur cukup berhasil dengan budidaya belut. Belut yang menggunakan EM4 dalam media tumbuh cukup efektif.  Cuma memang untuk memelihara belut diperlukan air yang tidak tercemar dengan bahan-bahan kimia, minyak atau limbah-limbah dari pabrik. Suhu udara optimal untuk pertumbuhan belut sekitar 25 – 30 derajat selsius.

Saat ini, sentra budidaya belut mulai menggeliat di Indonesia. Hal ini karena belut sangat digemari masyarakat seiring dengan banyaknya permintaan akan ikan belut yang dagingnya terkenal gurih. Beternak belut boleh dibilang tidak begitu sulit dan dapat dibudidaya di kolam, tong atau drum. Dan media yang cukup efektif bagi pertumbuhan belut adalah Bokashi Kotaku yang di oleh dengan EM4.

Dari segi biaya pun tidak terlalu mahal dibandingkan dengan budidaya ikan lainnya. Lahan sempit juga tidak menjadi persoalan dalam budidaya belut.  Secara teknis memang memerlukan perhatian dan pemeliharaan dengan mengetahui media untuk tumbuh dan berkembang, misalnya tanah sawah atau lumpur, jerami, kedebog pisang, Bokashi Kotaku dan EM4.

Dalam setiap lapisan disiram dengan EM4 yang sudah dilarutkan. Komposisi larutan EM4 sebagai berikut : EM 4 1 botol ( 1 liter ) Gula ¼ kg Air 100 lt (Ketiga bahan tersebut di atas dilarutkan URAIAN : • Lumpur Usahakan lumpur ini memang benar-benar lumpur bukan tanah yang dibikin jadi lumpur. Semua jenis lumpur bisa digunakan asal tidak mengandung kerikil dan pasir. Sebaiknya lumpur ini diambil dari area persawahan. Ambil lapisan lumpur yang paling atas diarea persawahan (bahasa jawa: endut). Olah lumpur ini sampai menjadi bubur lumpur yang encer, baru bisa kita gunakan untuk media belut. • Jerami Segala jerami bisa kita gunakan, tapi sebaiknya cari yang sudah membusuk. Potong-potong dulu jerami ini sepanjang 5 cm. tebar dalam kolamsecara merata. • Gedebok Pisang Yang paling bagus menggunakan gedebok yang sudah busuk, tapi yang baru tebangpun bisa digunakan. Cincang gedebok setebal 5 cm, baru disusun di dalam kolam. ØCara pembuatan media fermentasi di luar kolam. Bagi yang menggunakan drum bisa menggunakan cara ini. Bahan-bahan : - Jerami dipotong kecil-kecil 20 % - Gedebog pisang di cincang 30 % - Lumpur 50 % - Larutan EM4 Caranya : Jerami dan g e d e b o k pisang di hamparkan diatas plastik atau terpal dengan ketinggian 20 cm kemudian disemprot dengan larutan EM4. Setelah itu ditutup dengan plastik selama 10 hari.

Setiap hari media dibalik agar suhu tidak terlalu panas. Kemudian masukan media tersebut ke dalam kolam sesuai dengan susunan diatas. Fomula dan Vitamin Di saat adaptasi (0-30 hari setelah tebar benih) pasti akan terjadi kematian. Itu wajar asal tidak lebih dari 20%. Untuk menekan angka kematian tersebut, petani Kendal sudah menemukan penagkalnya (formulanya). Yaitu dengan menggunakan EM4 yang difermentasi. ‘’Dan ini sudah dibuktikan, ternyata cukup berhasil,’’kata Zaenal. Setelah 2 bulan dari tebar benih, sebaiknya belut dikasih vitamin biar nafsu makanya bertambah dan juga untuk menghilang jamur yang ada di tubuh belut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya vitamin diberikan secara kontinyu. (lihat tabel analisa di atas) Hasil dari panen ke-2 dan ke-3 keuntungan semakin besar, karena hanya perlu modal pakan, EM4, vitamin dan batang pisang.***

Komentar