Riset EM Hasilkan Padi Terbaik

Keinginan produksi padi yang berlimpah di Myanmar terjawab sudah. Hasil riset menggunakan nature forming dan EM memberikan hasil yang sangat luar biasa. Produksi meningkat.

Hasil riset ini dilaporkan seorang peneliti dan mantan staf ahli EM Sara Buri Thailand, Ms. Myin May yang meneliti dan melakukan eksperiman pada budidaya padi dibeberapa daerah di Myanmar dengan hasil yang sangat bagus. Salah satu risetnya di Pathongyi Township bahwa EM meningkatkan hasil dan produksi maksimun selama ini yang rata-rata menggunakan kimia.

Begitu juga hasil penelitian di CATDC yang merupakan pusat pelatihan juga memperlihatkan hasil yang serupa yakni mengalami peningkatan produksi. Dengan kenyataan ini menunjukan bahwa EM bokashi dan natural farming mampu melebihi hasil produksi dengan sisten konvensional.‘’Yang penting lebih dari itu, produk yang kita hasikkan itu lebih sehat, lebih aman di konsumsi, lebih berkualitas tinggi,’’katanya.

Begitu juga diwilayah Mandalay, suatu wilayah yang terkenal di Myanmar, Dalam riset EM ini diresmikan oleh Staf Pelayanan Pertanian Myanmar. Di unit itu juga melayani wilayah utara Myanmar sesuai dengan permintaan petani di daerah tersebut.’’Kami memperluas dukungan untuk menyediakan EM sesuai yang masyarakat petani butuhkan, terutama bagi petani terpencil yang hanya memiliki akses kecil. Para petani buah-buahan sangat senang bahwa EM juga dapat mengurangi masalah insektisida sehingga dapat memproduksi buah buahan dengan kualitas bagus. Biaya produksi menurun sedang hasil produksi meningkat. Tak hanya itu, Myanmar juga memiliki program di sekolah untuk mempelajari EM dengan menyediakan tenaga kerja untuk memperluas sistem pertanian nasional. Mereka diajarkan pengetahuan mengenai EM, fermentasi dan negara-negara yang telah menggunakan EM serta Asosiasi negara-negara pengguna EM.

Tak hanya teori, para pengajar juga emmberikan praktek dan demo mengenai membuat bokashi dan mentutmennya ke lahan pertanian. Semuan yang dilakukan pengajar kepada murid-murid di Myanmar berjalan sukses. Keberhasilan ini membuat kalangan universitas di Myanmar mencoba belajar di pusat kegiatan dan pelatihan EM di Sari Buri Thailand. Rektor Universitas Pertanian Yezin. Para utusan universitas ini sangat terkesan dengan perkembangan yang telah terjadi sejak kunjungan mereka beberapa tahun lalu untuk mempelajari EM tersebut. Memang Sara Buri merupakan tempat khusus pelatihan yang banyak di datangi dari berbagai penjuru dunia untuk melihat keindahan alam dan kegiatan-kegiatan yang berhail dilakukan berdasarkan pedoman Kyusei Nature Forming dan teknologi EM.

Komentar