Berkat EM4, Ternak Sapi Sehat dan Gemuk

Tak dipungkiri, penggunaan Effektif Mikroorganisme (EM4) untuk ternak sapi mampu memberikan nilai tambah. Pasalnya, ternak menjadi sehat, gemuk dan tak mudah terserang penyakit. Tak hanya itu, kandang sapi pun tidak berbau.

Dariatmo (58) dari Desa Mulyo Kencono, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung Utara, telah membuktikannya. ‘’Sebelum memakai EM4, ternak sering terkena penyakit, setelah menggunakan EM4 jarang sekali terkena penyakit bahkan bertambah gemuk. Produksi susunya meningkat, biaya produksi dan perawatan bisa ditekan. Walhasil, dengan keunggulan menggunakan EM4, ternak Atmo menjadi percontohan bagi masyarakat sekitar.

Memang, Atmo merasakan betul manfaat setelah menggunakan EM4. Menurutnya sebelum menggunakan EM4, biaya produksi cukup tinggi karena mencari pakannya setiap hari. Belum lagi biaya tenaga kerjanya. Untuk satu ekor saja kebutuhan pakan bisa mencapai 10 - 20 kg sehari. Dan pertumbuhan ternakpun lamban, biasanya 6 bulan ke atas pertumbuhan baru bisa kelihatan. Sebelum menggunakan EM, kata Atmo, ternak sering terkena penyakit seperti cacingan, mencretmencret serta gatal-gatal. Karena pengaruh bau kotoran sehingga mengundang hama dan lalat untuk datang ke kandang korang disini banyak yang beternak sapi dan mereka sepertinya kewalahan mengurusinya karena harus mencari pakan setiap hari dan biaya yang tinggi, sedang saya beternak sapi menjadi sesuatu yang menyenangkan, tidak membutuhkan waktu banyak untuk mencari pakan dan biaya produksi sangat minim sehingga saya masih bisa mengerjakan pekerjaan lain. Kuncinya itu cukup dengan menggunakan teknologi EM4,’’ lanjutnya. (A)

Komentar