Cara Singkat Budidaya Burung Kenari

Memelihara burung merupakan hobi yang sangat menyenangkan, karena memelihara burung menghilangkan rasa jenuh di kalangan penghobi. Namun terkadang di lihat burung yang anda plihara tetap di dalam sangkar, kenapa tak Anda cobalah untuk membudidayakannya ? Terkecuali Anda bisa menyalurkan hoby Anda itu, Anda juga bisa beroleh keuntungan dengan jual burung kenari kecil hasil perkawinan pada si jantan serta betina burung kenari Anda. Langkah ternak burung kenari termasuk gampang. Penasaran bukan? Di bawah ini sebagian penjelasannya.
 
Dari beberapa burung pliharaan, burung cenari sangat cocok untuk di pelihara karena sangat mungil dan suaranya yang sangat merdu, jadi sangat cocok untuk anda penghobi burung. Langkah budidayaburung kenari juga tidak susah. Akan tetapi, terdapat banyak hal yang butuh Anda kenali saat sebelum Anda mengawali membudidayakan. Banyak hal di bawah ini adalah keyword tehnik budidaya burung kenari untuk Anda supaya berhasil membudidayakan burung kenari :
 
Yang paling utama dalam berbudidaya burung yang satu ini, anda harus memperhatikan beberapa faktor penting yang dapat mempengaruhi pertumbuhan burung ini, contohnya saja penjodohan dari setiap indukan. Sudah pasti burung kenari tidak dapat asal-asalan dipaksa untuk kawin. Mereka juga mempunyai perasaan untuk mengawini lawan type yang mereka gemari, serta ini bisa Anda manipulasi melalui tehnik perjodohan. Waktu burung kenari Anda ingin kawin, jadi kesempatan Anda beroleh peranakan mereka makin besar bukan?
 
Pastikan anda mengontrol dan memberikan asupan nutrisi. Burung kenari yang sehat tentu bakal fit serta membuahkan peranakan yang berkwalitas juga.
Jauhkan dari gangguan hama, yang menyerang atau mengancam burung yang dapat menimbulkan burung setres, bahkan lebihparahnya lagi jika terserag hewan pengerat. Saya yakin anda sudah tahu bagaimana memilih indukan yang produktif dan baik untuk di jadikan indukan, tak terlampau muda serta tak terlampau tua. Burung kenari yang terlampau muda tentu bakal lama dalam menanti saat kawinnya. Burung yang terlampau muda serta dipaksa untuk kawin jadi ia belum siap untuk menjaga peranakannya. Alhasil, anak yang sudah ia hasilkan melalui pengeraman bakal mati percuma lantaran si induk belum dapat menjaga anaknya.
 

Beberapa Langkah Budidaya

 

Pembibitan

 
Siapkan waktu ketika indukan siap untuk kawin, jadi pastikan burung kenari yang siap ternak. Umur burung kenari siap ternak tidak sama pada si jantan serta si betina. Umur burung kenari jantan yang siap ternak yaitu minimum 8 bulan., sedang umur kenari betina yang siap ternak yaitu umur minimum 6 bln..
 
Jika anda membeli indukan pastikan pada penjual, induk siap untuk di ternakan dan pastikan bahwa indukan sehat dan baik “fit”. Untuk Anda yang berkeinginan untuk membudidayakan kenari Yorkshire, jadi yakinkan umur burung itu siap ternak yaitu minimum setahun.

 

Penyiapan Kandang 

 
Berarti tugas anda dua yaitu anda memelihara dan membudidayakanya. Tentu waktu Anda membudidayakannya jadi Anda juga bakal menghadirkan bibit burung kenari dalam jumlah yang banyak. Penyiapan danperawatan kandang juga betul-betul mesti Anda cermati.
 
Berikut adalah tahapan berbudidaya dan beberapa faktor pendukung :
 
  1. Pastikan kandang bebas dari masalah hewan pengganggu seperti semut, tikus, ular, dsb.
  2. Bersihkan kandang serta upayakan terkena cahaya matahari saat pagi hari.
  3. Upayakan kandang bisa menyimpan burung kenari beserta makannya dengan lega.
  4. Buatlah bahan kandang terbuat berbahan yang awet, tak gampang rusak serta dikonsumsi rayap. Type kandang alumunium bisa Anda gunakan.
Disarankan penyimpanan tempat kandang sebaiknya ditempelkan di tembok supaya terlepas dari kemungkinan diatas. Janganlah lupa pemeliharaan kandang dengan senantiasa mengecek serangga serta hewan pengganggu yang lain yang mungkin saja mengincar makanan kenari atau burung kenari tersebut.
 

Penjodohan indukan

 
Penjodohan induk sebenarnya tidak bisa di hitung pasti. Tergantung pada ketepatan Anda dalam memasangkan pada si jantan serta si betina. Di bawah ini banyak hal yang harus Anda cermati :
 
Mendekatkan kandang si jantan serta si betina waktu sistem penjodohan. Janganlah segera Anda buat jadi satu dalam satu kandang lantaran mereka mungkin sama-sama berantem keduanya. Agar cepat berjodoh pasangkan burung kenari itu dimanapun, umpamanya waktu dijemur, supaya mereka makin akrab. Waktu yang mungkin pas anda dapat penjodohan pada sore hari hingga saat malam hari mereka bisa sama-sama mengakrabkan diri serta pada pagi hari mereka sudah siap kawin.
 
Setelah proses di atas di kerjakan anda dapat memastikan burung siap kawin, jadi bisa Anda cermati ciri-cirinya seperti ke-2 burung sama-sama melolohkan makanan, si jantan menabrakkan dianya ke tepian kandang, si betina menempatkan ‘posisi’ siap untuk dikawini, serta si betina sudah mempersiapkan sarangnya.
 

Kemudian Mengkawinkan Indukan 

 
Untuk melakukan perkawinan induk anda harus memindahkan si jantan ke sarang betina. Untuk mempercepat prosesnya, Anda bisa tingkatkan ‘stamina’ si jantan dengan memberi nutrisi berprotein tinggi seperti telur puyuh serta taoge. Pantau peranakan yang mereka hasilkan lantaran peranakan ini umumnya jadi tujuan empuk tikus atau semut.

Komentar