Teknologi EM Untuk Dunia (1) Kyusei Nature Farming.

Kyusei Nature Farming adalah metode pertanian alami tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisoda kimia. Kyusei Nature Farming dilakukan berdasarkan prinsip pertanian alami yang pertama kali diusulkan oleh Mokichi Okada (1882-1955), filsuf dan praktisi pertanian alami di Jepang, yang mendirikan Agama Kyusei. Kyusei berarti menjaga dunia. Menurut filosofinya, bahwa dunia bisa dijaga kelestariannya dengan mempraktikkan pertanian alami, dengan nama Kyusei Nature Farming, berdasarkan 5 prinsip, bahwa pertanian harus:

1. Mampu menghasilkan produk pertanian yang sehat, bergizi, untuk meningkatkan kesehatan manusia;

2. Mampu menghasilkan keuntungan secara ekonomis dan spiritual kepada petani dan konsumen;

3. Bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dan mudah dipraktikkan;

4. Selaras dengan alam, melestarikan dan menjaga lingkungan;

5. Mampu menghasilkan bahan makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduk dunia.

Kyusei Nature Farming memiliki visi untuk membantu masyarakat luas dengan pemahaman dan praktik filosofi menjaga dunia, salah satunya melalui pertanian organik. Filososi Kyusei dijelaskan dalam tiga hal untuk membuat dunia menjadi indah, damai dan sejahtera, yaitu dengan cara: menghilangkan penyakit, kemiskinan, dan perang. Kekurangan bahan pangan, distribusi pangan yang tidak merata, bahan pangan yang beracun dan tercemar, adalah masalah pertanian yang harus dituntaskan, agar kelestarian bumi bisa dijaga, agar penyakit, kemiskinan dan perang bisa dihilangkan, sehingga sorga di bumi bisa diwujudkan dengan merealisasikan kesejahteraan.

Pro. Teruo Higa penemu Teknologi EM membantu mewujudkan visi Kyusei Nature Farming dengan menggunakan miikroorganisme yang menguntungkan untuk menyuburkan tanah. Bersambung (Oleh Oleh: Dr. Gede Ngurah Wididana.)

Komentar