Ikan Nila Sehat dan Cepat Besar Dengan Teknologi EM4

Hobi Darus memelihara ikan Nila dibalkon rumah terpenuhi semua. Ikan sehat dan cepat besar. Menurut Darus menggunakan teknology EM4 Perikanan pada budidaya ikan nila sangat tepat, ikan  terlihat sehat dan cepat besar, tidak sampai 6 bulan nila sudah bisa dipanen.

Darus merupakan karyawan sebuah rumah sakit mata  swasta yang ada di Jakarta memang sangat hobi memelihara ikan konsumsi. Baginya ikan nila yang berwarna merah ini mampu menghilangkan penat dan lelah sepulang kerja. Memberikan makan ikan adalah momen yang paling mengasikkan baginya.

Ikan nila cepat besar diperoleh dari pemberian pakan pelet yang sebelumnya telah dibibis atau disemprot EM4. Pakan ini rutin diberikan pada pagi, siang dan sore hari. Menurut Darus, pembibisan pelet sangat penting guna meningkatkan kualitas pakan. Dengan aplikasi EM4, makanan bernutrisi dapat mudah dicerna ikan, sehingga pakan mudah diserap dan digunakan untuk pertumbuhan. ” Dengan cara ini, selain sehat, pertumbuhan ikan lebih cepat, “ Ujarnya.

Pembibisan dilakukan dengan cara mencampurkan cairan EM4 pada pelet, takarannya1 tutup botol EM4 di campurkan pada 200ml air, kemudian disemprotkan pada 1 kilogram pelet, hingga seluruh pelet terkena cairan EM4, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu pakan bisa diberikan pada ikan. Pakan ini dibuat sesuai kebutuhan ikan. “Sebar pakan pada kolam secara merata, jika pakan yang diberikan masih tersisa dan ikan sudah tidak merespon, hentikan pemberian pakan, ini tandanya ikan sudah kenyang,” terang Darus.

Selain untuk pembibisan pakan ikan, pria Asal Betawi ini juga menuangkan EM4 setiap seminggu sekali agar kotoran yang ada di dalam kolam bisa cepat terfermentasi dan tidak menimbukan gas beracun serta menghasilkan oksigen terlarut dalam air walhasil ikan menjadi nyaman, lincah dan sehat.***

Komentar