EM4 Penuhi Pasar Indonesia

Pupuk ramah lingkungan menggunakan teknologi EM di Indonesia, dari segi promosi dan pemasaran tergolong paling baik diantara 160 negara di belahan dunia yang memproduksi pupuk untuk mendukung pertanian organik. Dari segi mutu bisa bersaing di pasaran, Berkiblat dari pengelola EM di mancanegara, khususnya tim jaringan kerja sama EMRO ( EM Research Organization) Jepang dan APNAN (Asia Pasific Natural Agriculture Network) Thailand.

Kualitas pupuk EM4 telah terbukti (lisensi EMRO Jepang), harganya lebih murah dan terjangkau konsumen. Pupuk cair EM4 yang diproduksi di Indonesia ini, pemasarannya menjangkau hampir seluruh daerah di Indonesia. “Pupuk organik produksi Pak Oles kini selalu tersedia di pasaran, ketika banyak orang kembali suka bertani, menggunakan lahan tidur, mengisi kesenangan (hobi), mencoba usaha pertanian skala kecil dan menengah,” ujar Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana,M.Agr yang diakrabi dengan Pak Oles. 

Demikian pula meningkatkan jalinan kerja sama dan kemitraan dengan Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan dan Fakultas Perikanan serta memperbanyak melakukan penelitian dan pengkajian tentang afplikasi produk di lapangan. Semua proses penelitian dan pengkajian yang melibatkan kalangan perguruan tinggi dan petani itu dibuatkan kaset pandang dengar (video) yang selanjutnya dimuat di media sosial (medsos) dengan harapan mampu menjadi media informasi dan promosi pupuk ramah lingkungan, sehingga pemasarannya ke depan menjadi lebih lancar. (ist)

Komentar