EM Sudah Sangat Terkenal di Indonesia dan Mancanegara

Hampir 23 negara berkumpul dalam acara pertemuan APNAN yang diselenggarakan di Saraburi Thailand. Mereka yang terdiri dari 70 orang dari perwakilan negara anggota APNAN ini berkumpul melakukan pertukaran pengalaman dalam mengembangkan pertanian organic berteknologi EM.

Persoalan yang mengemuka yang dibahas dari berbagai Negara ini sangat beragam. Mulai dari masalah lingkungan, pertanian, perikanan dan juga kesehatan hewan ternak. Dan yang menarik prof. Higa memberikan pidato khusus tentang masalah-masalah lingkungan.

Dari Indonesia sendiri yang diwakili Ivan Asriyadi dan Ali menyoroti mengenai lingkungan terutama dikota-kota besarseperti Jakarta dan Surabaya. Menurut Ivan teknologi EM sudah sangat berkembang di Indonesia. Hampir seluruh pelosok kepulauan di Indonesia sudah mengenal EM. Penyebaran terbesar ada di pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan lainnya.  Masyarakat menggunakannya untuk Pertanian, peternakan, perikanan, obat tradisional di bali dan pengolahan limbah untuk menjaga lingkungan.

‘’Menjaga Lingkungan memang sangat penting terutama di kota-kota besar seperti Jakarta yang memiliki problem lingkungan yang besar. Seperti pencemaran limbah sungai oleh industry dan limbah rumah tangga. Pemerintah kota Jakarta memang sangat perhatian  dengan pencemaran lingkungan ini. Pemerintah kotapun berperan aktif mengajak  masyarakat kota menjaga lingkungan,’’katanya.

Untuk mewujudkan itu, masyarakat Jakarta mulai mengolah sampahnya menjadi bokashi yang bermanfaat bagi tanaman. Kamipun mendorong masyarakat menggunakan EM sebagai solusi membuat bokashi dari sampah organic yang berserakan di tempat  pembuangan sampah yang ada disudut sudut kota. ‘’Kami bersama aparat pemerintah kota mengumpulkan masyarakat dibalai kota.  Kami berikan pengetahuan dan praktek membuat bokashi dengan teknologi EM. Merekapun sangat senang bisa membuat bokashi. Ada beberapa masyarakat membuat bokashi untuk dijual. Ada juga yang mereka pergunakan sendiri untuk menghijaukan pekarangan rumahnya dengan ditanami sayuran- sayuran,’’jelasnya lagi.

Perumahan-perumahan di kota Jakarta sekarang tampak hijau dengan sayuran organik. Lahan-lahan sempit di pekarangan rumahnya tumbuh subur sayuran seperti kangkung, bayam, sawi, cabai, tomat dan lainnya.Dihari-hari libur kerja, mereka bertanam sayuran organic di sisi rumahnya bersama keluarga dengan teknologi EM.

Ada juga beberapa masyarakat memelihara hewan ternak diantaranya kambing, kelinci, ayam, burung dan lain-lain. EM dipergunakan untuk sanitasi, untuk dicampur dipakan dan air minum sehingga hewan ternak sehat. Dan tempat memelihara ternak menjadi tidak bau yang mengganggu masyarakat lainnya. Dan Ada juga yang beternak ikan.

Dalam industri, Apartemen dan perumahan, EM mempunya peran yang cukup signifikan dalam menjaga lingkungan agar tetap hijau, bersih dan nyaman. Salah satunya Apartemen Puri Kembangan Jakarta, Plaza Senayan, industry tekstil dan lain-lain yang menggunakan EM untuk mengolah limbahnya agar aman bagi lingkungan.

Acara pertemuan APNAN juga mengadakan pameran panel dari masing-masing negara yang berpartisipasi dalam pertemuan apnan tersebut.***

Komentar