EM4 Solusi Beternak Kambing

Mawardi peternak kambing di Srengseng Sawah Jakarta Selatan, berinisiatif dan ingin membantu sesama peternak kambing dalam menghadapi kendala pada hewan ternak, seperti, hewan susah makan, kurang nutrisi, stress, bobot turun drastis, ternak sakit sakitan hingga kematian. EM4 diperkenalkan pada rekan bisnisnya, sebagai solusi dalam menghadapi masalah tersebut.

Bukan sekedar mengenalkan produk, tapi berdasarkan pengalaman pribadinya, produk EM4 telah ia gunakan pada ternak kambing dengan hasil yang cukup baik, hewan ternak terlihat sehat, tidak mudah sakit, nafsu makan meningkat dan kambing-kambing yang dipelihara juga cepat gemuk. “EM4 sudah lama saya gunakan pada ternak kambing, hasilnya cukup bagus, kambing sehat dan nafsu makan meningkat,”terang Mawardi.

Sebelumnya, Mawardi pemilik usaha penyedia daging aqiqah dan rental mobil berlabel “Marwah” ini juga pernah memakai produk serupa, namun hasilnya kurang memuaskan. Atas keunggulan tersebut, Mawardi yang juga berprofesi sebagai guru ini, ingin mengenalkan EM4 pada para rekan bisnisnya sesama peternak hewan. Usaha tersebut, tentunya memerlukan ahli dibidangnya, ia pun secara khusus mengundang tim ahli dari PT. Songgolangit Persada (SLP) selaku produsen pupuk cair organik EM4, Untuk melatih dan mengajarkan penerapan teknologi EM4 secara tepat dan benar khususnya pada hewan ternak. Selama satu bulan setengah, Mawardi bersama peternak kambing dan sapi, yang jumlahnya 10 orang belajar intensief penerapan EM4, mulai pengenalan teknologi EM4, pembuatan EM Jamu Ternak, EM Bokashi untuk pakan campuran, EM Bokashi Pupuk kandang, Pengolahan limbah organic cair dan padat serta penerapan EM4 pada tanaman. Pelatihan dilakukan dipeternakan “Marwah” tepatnya di jalan. H.M. Nalim Rt.01/08 No. 29 Srengseng Sawah-Jagakarsa JakSel. M. Zakky Husein, selaku tim ahli PT. Songgolangit (SLP) cabang Jakarta mengatakan, EM4 tidak hanya bisa digunakan hanya padacampuran pakan saja, tapi multifungsi pada peternakan.

Seperti pembuatan jamu ternak, sanitasi kandang, pengolahan limbah serta pembuatan pupuk organik bokashi berbahan dasar kotoran ternak. Mikroorganisme pada EM4 dijelaskan oleh M. Zakky Husein dapat menekan dan meminimalisir perkembangan mikroorganisme merugikan di seputar kandang,” tidak hanya itu, mikroorganisme pada EM4 yang bercampur pada pakan di dalam perut bekerja menekan bakteri yang merugikan, sehingga sari-sari makanan yang ada dipencernaan dapat diserap maksimal oleh hewan,” ungkapnya. Mikroorganisme menguntungkan ini sifatnya organik, tidak berbahaya bagi hewan dan lingkungan. Membuat ternak sehat dan tidak berpenyakitan, “Selain sehat, kambing atau sapi cepat gemuk karena pakan hasil olahan EM4 lebih kaya nutrisi,”tambahnya.

 Mawardi dan para peternak lain mengaku senang bisa mengikuti penerapan EM4 yang dijelaskan oleh PT. SLP, terlebih dengan hasilnya yang dapat diaplikasikan pada hewan ternak. Hasilnya terlihat jelas dan juga memuaskan, Seperti diungkap oleh salah satu peternak kambing dan sapi, Edy rekan bisnis Mawardi. Diungkapkan, bahwa pakan olahan dengan EM4 mengeluarkan aroma wangi yang disukai oleh hewan ternak ,”Pakan olahan EM4 baunya wangi, sangat mengundang selera makan hewan, beda dengan pakan olahan yang saya buat sebelumnya, sedikit bau apek,’”ungkapnya. Setelah ia, mencium bau pakan olahan yang dibuat dalam pelatihan tersebut. Setelah membedah secara intesief EM4 dan hasilnya bagus pada hewan ternak, para pelaku bisnis hewan ternak di seputar Jakarta ini, akan menerapkan menerapkan EM4 pada hewan ternaknya. EM4 menjadi andalan sekaligus teman dalam bisnis peternakan hewan, karena manfaatnya yang sangat menguntungkan dan bersahabat. ***Dedi

Komentar