Kenangan Menggunakan EM4 Untuk Sanitasi Ternak Kambing

Ustadz Tamrin  memang layak diapresiasi sebagai ustadz yang suka menyayangi binatang. Diantara binatang yang dipeliharanya adalah  burung, ikan, kambing dll. Bebarapa tahun lalu, halaman majelis taklim yang dikelolanya di kawasan Lenteng Agung Jakarta Selatan, disulap menjadi kandang kambing. Ada beberapa kambing yang dipeliharanya, dan tentunya pasti bau menyengat.  Tatapi ternyata, bau kambing yang ada di majelis taklimnya tak membuat para tetangga atau jamaahnya terganggu.‘’Dulu warga sempat protes karena bau menyengat, tapi setelah menggunakan EM4 untuk sanitasi dan air minumnya, baunya semakin berkurang,’’ katanya mengingat masa lalu.

Puluhan kambing  masa itu, dapat dipeliharanya tanpa masalah, bau menyengat yang mengganggu warga tidak tercium lagi, kandang kambingpun bersih.Ternak terlihat sehat, aktif dan doyan makan. Diri nyapun tak khawatir lagi ternak kesayangannya terserang penyakit hingga siap untuk di jual.

Penggunaan probiotik tersebut di lakukan ustadz muda ini dengan menyemprotan secara rutin larutan EM4 oktif  pada kandang  tiap hari  pada waktu pagi dan sore.***

Komentar