Mitra Teh Sosro Tertarik Gunakan Bokashi Kotaku

Tim Songgolanggit  Persada (SLP) mengenalkan Bokashi Kotaku dihadapan mitra teh Sosro saat  melakukan kunjungan  ke Pabrik Teh Sosro di Kawasan Industri Sentul Jl. Olympic Raya A-6 Kawasan Industri Sentul, Bogor Jawa Barat. Presentasi Bokashi Kotaku disambut hangat oleh Mitra teh Sosro,  mereka sangat tertarik pada Bokashi Kotaku yang dapat mengembalikan kesuburan pada tanah rusak akibat penggunaan pupuk kimia.

Kedatangan tim SLP pada pertemuan ini juga sangat tepat, karena beberapa mitra teh sosro mengalami penurunan produksi teh. Peserta yang sebagian adalah pemilik lahan kebun teh, ingin segera mengaplikasikan Bokashi kotaku  pada kebun teh mitra teh Sosro yang tersebar dibeberapa titik di kawasan Puncak dan Cianjur Jawa Barat. Bokashi kotaku diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah yang dihadapi oleh mitra teh Sosro.

Zakky Husein dari SLP mengatakan, Banyak faktor yang menyebabkan produksi tanaman menurun, salah satunya adalah penggunaan pupuk kimia secara terus menurus dalam waktu berkepanjangan. Pupuk kimia yang digunakan selalu menyisahkan residu atau sisa karena tidak seluruhnya dapat diserap oleh tanaman, residu atau sisa pupuk kimia didalam tanah dapat menyebabkan tanah terikat dengan tanah lainnya dan menyebabkan tanah lengket atau tidak gembur lagi, tanah menjadi keras dan bersifat masam.

“Kondisi seperti ini yang membuat  organisme pembentuk unsur hara mati, tanah miskin hara tidak bisa menyediakan unsur hara bagi tanaman, dan menyebabkan produksi tanaman turun,” terang Zakky. Solusi terbaik mengatasi masalah ini adalah dengan mengembalikan kesuburan tanah, membuat kondisi ideal untuk hidup mikroorganisme pembetuk unsura hara yaitu melalui pemberian pupuk organik. “Bokashi Kotaku adalah pupuk organik yang mampu mengembalikan kondisi tersebut dan mengembalikan kesuburan tanah,”Jelas zakky Husein dihadapat peserta

Bokashi kotaku adalah pupuk kompos yang dihasilkan dari proses fermentasi atau peragian bahan organik dengan teknologi EM4 (Effective Microorganisms 4). Bokashi Kotaku dapat memperbaiki sifat fisika, biologi dan kimia tanah serta memperbaiki struktur dan tekstur tanah. Selain itu, Bokashi memiliki kandungan hara lebih tinggi dibandingkan kompos, sehingga periode proses tumbuh pada tanaman lebih cepat, pengaruh terhadap tanah sempurna, energi yang hilang rendah dan populasi mikroorganisme dalam tanah lebih sempurna. Bokashi juga tidak merusak tanah apabila digunakan secara terus menurus dalam waktu lama, hal tesebut bahkan membuat tanah semakin kaya unsur hara.  

Pupuk kimia digunakan oleh Mitra Teh Sosro untuk mencapai hasil produksi sesuai target yang ditentukan, pupuk kimia secara terus menerus digunakan untuk mendapatkan hasil maksimal, namun belakangan ini produksi teh menurun, produksi teh tidak sebagus yang diharapkan, bahkan sebagian lahan tidak lagi produktif akibat  tanah rusak.   

Bokashi Kotaku siap digunakan untuk mengembalikan kesuburan pada lahan perkebunan teh.  Namun karena masih adanya keterikatan dengan “Teh Sosro” serta masih produktifnya sebagian besar lahan, sebagian mitra dari teh sosro mengajak kerjasama dalam pembuatan Demplot. Tim SLP disediakan lahan untuk penerapan Bokashi Kotaku pada budidaya teh di daerah Cipanas Jawa Barat. jika aplikasi Bokashi Kotaku dapat memperbaiki dan meningkatkan produksi teh secara signifikan, Para Mitra Teh Sosro beralih menggunakan Bokashi Kotaku, untuk digunakan pada perkebunan teh yang luasnya ratusan hektare.  Kerjasama diharapkan dapat dilakukan secepatnya, Lahan salah satu Mitra teh Sosro di Cianjur Jawa Barat siap digunakan sebagai Demplot, bibit teh telah disediakan dan Pihak SLP dipersilahkan menerapkan Bokashi Kotaku pada Budidaya Teh.

Alek salah satu manajer Operasional Teh Sosro mengatakan, pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan yang positip dan kedua belah pihak sama-sama diuntungkan , “kedua belah pihak sama-sama ingin mendapatkan hasil terbaik, semoga kerjasama yang dilakukan dapat berjalan baik dan langgeng serta saling menguntungkan,” ujar Alek.

Teh Sosro mendukung kerjasama yang akan dilakukan, hasil dari kerjasama ini sangat diharapkan dan ditunggu oleh teh Sosro, hal tersebut berkaitan dengan produk baru yang sedang dipersiapkan oleh The Sosro yaitu “Teh organik” , produk minuman kemasan premium.

”Jika demplot Bokashi Kotaku dapat menjukan hasil positip serta meningkatkan produksi teh,  Bokashi Kotaku akan digunakan pada budidaya teh organik yang kini tengah dikembangkan dan disiapkan untuk produk baru teh sosro,”terang alek. (DEDI)

Komentar