Ada EM4, Usaha Ternak Ayam Lancar

Usaha ternak ayam kampung Andy (40 th) dibilangan Jakarta Timur, merupakan pilihan usaha yang berhasil ia jalani. Ternak ayam kampung menjadi pilihan Andy karena kebutuhan unggas ini terus meningkat, sementara kebutuhan akan ayam kampung tidak diimbangi dengan produksi yang besar. Dampaknya, terjadilah kekurangan persediaan ayam sehingga harga ayam menjadi mahal. Peluang ini yang memutuskan Andy terjun ke usaha ternak ayam kampung. 

Untuk memulai usahanya ia tak segan segan berguru kepada pemain ayam kampung yang telah lebih dahulu menjalani usahanya, tidak hanya itu pria dua anak ini, juga mengikuti pertemuan warga, menerima arahan dan berbagi ilmu cara beternak ayam kampung seperti penyiapan kandang, pemilihan bibit, cara pemeliharan serta mencari modal usaha. Melalui usaha tersebut, tekadnya semakin kuat untuk terjun dipeternakan unggas.

Lahan dibelakang rumah disulap menjadi tempat peternakan ayam kampung. Berawal dari enam pasang ayam, kini setidaknya, sudah ada sebanyak ratusan ekor ayam kampung yang dikelola bersama keluarganya. Usaha ayam kampung diakuinya banyak kendala yang dihadapi, dari ketersedian pakan, kesehatan ternak, hingga tempat yang nyaman untuk ternak, bahkan ia sempat diprotes oleh warga karena aroma kotoran ayam, warga sekitar protes oleh bau kandang yang menyengat. Namun seiring waktu semua dapat teratasi.

 “Hampir usaha ini terhenti, saya browser dan cari cara mengatasi bau, hingga saya mengenal produk EM4, aroma kurang sedap tidak lagi tercium, setelah  kandang ditreatmen EM4, warga tidak lagi mengeluh, bahkan  kini jadi pelanggan setianya.Melalui aplikasi EM4, Usaha ternak ayam kampung yang dikuatirkan terhenti dapat berjalan kembali, Andy juga bersyukur bisa mengenal EM4, karena produk ini tidak hanya dapat mengatasi bau,  EM4 memiliki banyak manfaat pada peternakan. EM4 dapat digunakan pada pakan dan minum ternak, Bakteri EM4 bersifat baik dan menjaga saluran pencernaan dan kesehatan ternak, selain itu, nutrisi pakan lebih mudah diserap didalam pencernaan, “Ini bisa membuat ayam sehat, ” jelas Andy.

Beternak ayam lebih mudah setelah ada EM4, resiko kematian ayam sangat kecil, kandangn bersih tidak berbau, produktivitas tinggi dan Ayam juga tidak mudah stress dan tahan dengan suara bising kendaraan, selain itu, pakan ayam lebih hemat, hal inilah yang sangat berguna, biaya perawatan  minim namun  produksi tinggi."Usaha ternak ayam terbantu oleh EM4, lebih efisien, pengeluaran biaya minim untuk pakan dan pemiliharaan,  selain itu, kohe ayam bisa menjadi tambahan pemasukan usahanya, kohe dapat diolah menjadi Bokashi melalui teknologi EM4, hasil dari penjualan Bokashi bisa digunakan untuk pembelian pakan. (DEDI) 

Komentar