Warga Mojokerto, Surabaya Manfaatkan Pupuk Kandang Teknologi EM4

Dengan mengaplikasikan teknologi EM4 Peternakan, H. Soleh, warga Kota Mojokerto Jawa Timur memanfaatkan kotoran ternak sapinya untuk menjadi Bokashi Pupuk Kandang yang dipergunakan untuk memupuk kebun Jagungnya. Selain itu, ia juga menjadikan lahan ternaknya sebagai pusat pengolahan bokashi.

‘’Penggunakan Teknology Effektif Microorganisme (EM4), limbah yang dihasilkan dari kotoran Sapi telah dimanfaatkan untuk membuat bokashi  yang bermanfaat bagi tanaman. Tak hanya itu, dengan teknologi EM4 peternakan ini, menjadi solusi pencemaran udara karena bau tak sedap yang dihasilkan dari kotoran ternak,’’katanya.

Kandang Sapi yang berada di seputar pemukiman ini, sebelumnya banyak dirisaukan penduduk sekitar. Sebab bau limbah yang dihasilkan dari kotoran hewan sangat mengganggu sehingga H. Soleh berpikir keras untuk menangani masalah yang dikeluhkan warga tersebut.

‘’Sebelumnya, kotoran sapi yang menggunung ini, saya jadikan pupuk kandang dengan cara  alami dan dibiarkan begitu saja. Namun cara ini mengundang bau tak sedap sehingga banyak warga setempat memprotes keberadaan lahan ini,’’katanya.

Untungnya, PT. Songgolangit Persada cabang Surabaya bekerja sama dengan mahasiswa peternakan setempat, mengembangan biogas sebagai energi alternatif, ‘’PT. Songgolangit  sendiri mengajarkan fermentasi pupuk kandang dengan teknologi EM4 yang selanjutnya dijadikan biogas untuk dimanfaatkan sebagai  energi alternatif terbarukan yang ramah lingkungan,’’kata Kacab Surabaya, Raharko.

Menurut Harko,  dengan menggunakan EM4 bisa menghasilkan biogas sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah dan pupuk organik yang kaya akan zat hara yang dibutuhkan tanaman. Pupuk organiknya dapat dipakai sendiri atau dijual kepada petani lain.

Keuntungan lain menggunakan EM4, pada areal kandang ternak tidak lagi berbau sehingga tidak mengundang lalat untuk datang dan tidak mendapat komplen dari warga sekitar.  Untuk memperkenalkan EM4 ke peternak sapi lainnya, para mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata  terus melakukan kerjasama dengan PT. Songgolangit Persada sebagai agen tunggal EM4.***

Komentar