Hotel Aston Nusa Dua, Bali kelola Limbah dengan Teknologi EM4

Siapapun tak bakalan menyangka, jika taman yang ada di sebelah restoran dan kafe di Hotel Aston Resort & Spa Nusa Dua Bali ini adalah tempat pengelolaan limbah hotel bintang empat di kawasan pariwisata Nusa Dua tersebut. Pasalnya, taman yang hanya berukuran 10 m2 x 5 m2 tersebut, terlihat asri dan tidak menimbulkan bau tak sedap.

Para wisatawan baik asing maupun local tampak, menikmati pemandangan pantai yang indah dan menawan. Bahkan, para wisatawan asing asik berjemur ditenda-tenda yang sudah disediakan pihak hotel. Padahal, tak lebih berjarak 4 meter, terdapat lokasi pengelolaan limbah. Bisa dipastikan, limbah yang dihasilkan, sangat mengganggu sekali. Kalau dibuang ke laut akan menimbulkan pencemaran yang serius, sehingga perlu penanganan secara khusus.

Untungnya, managemen Hotel Aston Nusa Dua Bali punya solusi yakni menggunakan teknologi pengurai dengan menggunakan bakteri aktif yakni EM Pengolahan limbah. ‘’Dulu sebelum kami menggunakan EM4, beberapa tamu kami sempat komplen karena disekitar kafe tercium bau tak sedap yang berasal dari pembuangan limbah tersebut sehingga kami berpikir untuk memakai EM4,’’ kata Dewa Putra Chief Engginering hotel tersebut. ‘’Setelah kami menggunakan EM limbah tahun 2002, tempat limbah berkapasitas STP 250 m3 per hari, tidak lagi berbau dan pengunjung hotel tidak lagi komplen.,’’katanya.

Menurut Dewa, dengan sistem STP model Lumpur aktif dan menggunakan EM limbah, hasilnya dari segi bau berkurang, dari segi biaya dapat ditekan karena harga produk EM sangat terjangkau. Sludge lebih sedikit sehingga menghemat biaya penyedotan. Kemudian, kerja blower dapat dikurangi sehingga mampu menghemat biaya listrik. Komposnya, digunakan untuk garden tanaman dan menjadi menjadi lebih subur. Meskipun lokasi STP dekat dengan restoran tidak menyebabkan masalah karena bau bisa berkurang serta ramah lingkungan. Dosis penggunaan EM dengan perbandingan 1 : 1 : 50 (EM : Molase : Air), Dosis aplikasi 1 liter/M3 air atau 1 hari = 250 liter EM aktif. Penggunaan EM perbulan 150 liter untuk STP dan 20 liter untuk Greasetrap Total 170 liter per bulan. (A)

Komentar