Ingin Metik Jambu Merah? Coba Nginap Di Pondok LA O2 Ciawi Bogor

Ada yang menarik di Pondok LA 02 Jalan Karakal Jambu  Luwuk, Kec Ciawi, Bogor Jawa Barat, yakni buah jambu merahnya tumbuh subur dengan buah yang rimbun. Perkebunan jambu yang berada dibelakang Pondok LA 02 Jambu milik Sardiman dan Ety Puziyanti ini, mereka pupuk dengan bokashi padat dan bokashi cair menggunakan teknologi EM4.  

Buah jambu merah ini sering dilupakan orang, padahal buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebut saja mineral dan vitamin yang berguna menyehatkan tubuh. Bahkan, jambu merah kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, serta kalium, dan antioksidan. Selain itu, jambu merah juga mengandung nutrisi lain, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat, meski dalam jumlah yang tidak begitu banyak.

Untuk kesehatan dan pertumbuhan tanaman, Pujianti mengaku selalu memupuk semua tanaman dengan rutin. Dan pilihannya adalah dengan pupuk organik dengan teknology EM4. Karena mampu meningkatkan kesehatan dan menyuburkan tanamanan. Bahan-bahan organikpun mudah didapatkan, karena selain menanam buah dan berbagai jenis tanaman hias. Kedua pasangan ini juga memelihara hewan ada kambing, ayam, bebek dan lainnya sehingga kohenya (kotoran hewannya) dapat dimanfaatkan sebagai pupuk baik itu pupuk padat maupun pupuk cair.

‘’Kami membuat Pupuk Organik Cair (POC) menggunakan air cucian beras, air kelapa tua dan juga kohe yang difermentasi dengan EM4. POC yang sudah jadi disimpan dalam drigen selama 7 -14 hari sampai gasnya tidak keluar lagi,  setiap 1 liter POC dicampur dengan 5-10 liter air dan dikocor setiap seminggu sekali. Dan hasilnya sangat memuaskan disamping tanamannya subur dan produksinya cukup baik, jelasnya.

Disamping itu, tanaman jambu juga diberikan pupuk padat yang telah difermentasi dengan EM4 disamping melakukan pemeliharaan secara baik dan benar meliputi pembersihan kebun, pengendalian gulma, pengendalian hama dan penyakit, pemangkasan daun dan ranting mati serta yang terserang hama dan penyakit. Pelaksanaan pemupukan dilakukan dengan membuat lubang disekeliling pohon pada jarak 50 cm dari pangkal batang, kedalaman lubang 15 cm dan lebar 20 cm.

Buah yang tumbuh dibungkus dengan kantong plastik ukuran setengah kilogram agar buah tumbuh dengan baik dan terhindar dari serangan hama dan penyakit. Pembungkusan dilakukan apabila buah sudah berukuran kurang lebih sebesar uang koin 500 rupiah atau kira-kira berdiameter 2 cm.Selain jambu merah, di pondok LA 02 ini, juga memiliki berbagai sayuran dan buah seperti duren berjenis montong, musang king, bawor, Alpukat mentega, tanaman anggur,  strowberry dll. (Ags)

Komentar