Tanaman Hias Rajin Berbunga Berkat EM4

Kios tanaman Hias Haji Zaenal Abidin (79)  yang terletak di Jl. Raya Kebagusan - Jaksel, tampak tak jauh beda dengan kios tanaman hias lainnya, tertata rapi oleh aneka tanaman hias. Namun, uniknya, kios ini selalu saja ramai didatangi oleh pembeli.  Mereka tertarik oleh tanaman hias milik kong haji Zaenal (panggilan akrabnya), yang mempunyai penampilan sehat, indah dipandang dan rajin berbunga. 

Kata kong haji yang asli Betawi ini, setiap hari ada saja orang yang datang membeli  tanaman. ‘’Orderan ada aja, mulai dari masyarakat yang kebetulan lewat jalan ini sampai para pengembang perumahan yang kian menjamur di wilayah jabodetabek untuk penghijauan,’’kata pemilik yang posisi kiosnya bersebelahan dengan pagar Taman Wisata Kebun Binatang Ragunan.

Keberhasilan kong Haji  dalam usaha tanaman hias, tak lepas dari perawatan tanaman, termasuk dalam penggunaan pupuk, EM4 sebagai pupuk cair dan padat (bokashi)  karena sudah terbukti dan banyak digunakan oleh masyarakat, termasuk petani, tukang kebun, peneliti dan orang yang berkecimpung dalam usaha perkebunan dan peternakan. “Selain dijual, saya gunakan sendiri. Pernah juga pakai pupuk merek lain, tetapi tidak  sebagus EM4, Setelah   saya semprot EM4, tanaman terlihat seger, daun cerah,  batang kuat. Tanaman juga terlihat menarik, serta rajin berbunga, warnanya juga  menarik,” jelasnya.      

EM4 rutin ia berikan pada tanaman hias, melalui penyemprotan berkala seminggu sekali, hasilnya semua jenis tanaman hias tumbuh subur dan rajin berbunga, tidak hanya itu, batang tanaman juga sempurna teksturnya. Semua  jenis kamboja, aglonema, teh-tehan, krokot, oleander, bungur, palem ekor tupai, adenium, euphorbhia, anthurium jermani dan gelombang cinta, serta aneka jenis anggrek, tampil menarik dan sempurna, tak heran tanaman hias hasil budidaya kong haji  mempunyai nilai jual tinggi yang cukup tinggi.

 Pupuk cair EM4 diakui sebagai salah satu dibalik kesuksesannya, pupuk multifungsi produksi PT. Songgolangit Persada ini, mampu menyuburkan tanah dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. selain itu, EM4 bisa digunakan untuk pelbagai jenis tanaman hias.”Tidak seperti pupuk lain, yang hanya bisa digunakan pada tanaman tertentu saja, bila salah penyemprotan bisa menyebabkan daun terbakar bahkan tanaman bisa layu dan mati,” tuturnya.

“EM4 merupakan pupuk organikcair dengan kultur campuran mikroorganisme yang menguntungkan cocok dan bisa digunakan pada semua jenis tanaman hias,”jelasnya. Kong haji memiliki ratusan jenis tanaman hias yang ditanam di atas lahan sepanjang 100 meter di lakosi kiosnya. Dengan keuletan dan tangan dinginnya, satu bibit tanaman, bisa ia kembangkan menjadi puluhan tunas baru. Selain menerima pesanan eceran, kong Haji juga menerima pesanan partai besar dari para pengembang perumahan di wilayah Jakarta selatan dan Depok.

‘Semua yang saya peroleh saat ini, semua berkat EM4, dengan pupuk ini tanaman menarik, bagus, berbunga indah dan mudah dijual, ”jelasnya. Jadi mau tanaman berkualitas dan bernilai tinggi? Pakai saja EM4 pasti menguntungkan.***

Komentar