Villa LA 02 Ciawi Bogor Terapkan Pertanian Organik Teknology EM4

Pondok LA 02 Jalan Karakal Jambu  Luwuk, Kec Ciawi, Bogor Jawa Barat ini sangat menyukai pertanian organik yang bebas dari kimia. Dan mereka sadar betul, penggunaan bahan-bahan kimia dalam pertanian dapat menimbukan gangguan kesehatan pada manusia. Karena itu, pupuk organik yang paling tepat adalah menggunakan Teknology EM4 yang mampu meningkatkan kesehatan dan menyuburkan tanamanan.

‘’Dengan bahan-bahan organik yang tersedia berupa Kotoran Hewan (kohe) yang kami pelihara seperti Kambing, Ayam, dan bebek serta limbah-limbah pertanian yang berlimpah, kami buat pupuk kompos / Bokashi. Pupuk organik tersebut kami gunakan untuk persiapan benih, penanaman dan pemeliharaan tanaman hingga panen,’’kata Ety Puziyantii pemilik Villa berdarah Betawi ini.

Untuk pemeliharaan tanaman, Yanti membuat Pupuk Organik Cair (POC) menggunakan air cucian beras, air kelapa tua dan juga kohe yang difermentasi dengan EM4. POC yang sudah jadi disimpan dalam drigen selama 7 hari itu,  setiap 1 liter POC dicampur dengan 5-10 liter air dan dikocor setiap seminggu sekali. Dan hasilnya sangat memuaskan disamping tanamannya subur dan produksinya cukup baik. Dan terpenting, produk yang dihasilkan  terbebas dari kimia dan sangat aman dikonsumsi.

Selain Sayuran, di lahan tersebut memiliki perkebunan jambu Merah yang sangat produktif. Kegemarannya menanam  buah ini, karena dimasa kecil Yanti dan suaminya Sardirman yang tinggal di Lenteng Agung Jakarta Selatan ini, sudah akrab dengan pohon jambu yang sekarang ini sudah langka tergerus oleh pemukiman penduduk yang semakin padat di Jakarta. ‘’Pondok LA 02 ini tempat kediaman baru kami  dikawasan Bogor Jawa Barat dengan udara yang  sejuk serta  untuk menghindari kebisingan kota Jakarta. Dan yang pasti kawasan ini sangat cocok bertani mengisi hari tua,’’katanya bersemangat.***

Komentar