Dengan Teknologi EM4 Tanaman Hias Berkualitas dan Bernilai Jual Tinggi

Kios Wijaya Kusuma milik Komang Ardika (29) yang terletak di Jl. Hayam Wuruk Denpasar - Bali,tampak tak jauh beda dengan kios tanaman hias lainnya, tertata rapi oleh aneka tanaman hias. Namun, uniknya, kios ini selalu saja ramai didatangi oleh pembeli.  Mereka tertarik oleh tanaman hias milik Komang, yang mempunyai penampilan sehat, indah dipandang dan rajin berbunga. 

Tak sedikit rupiah berpindah ke tangan Komang, setiap hari tanaman berubah menjadi rupiah  dikiosnya. Pengusaha tanaman hias asal daerah Klungkung, Bali ini,mampu mendulang omzet belasan juta rupiah.Penghasilanya bahkan melebihi gaji karyawan kantoran.Dalam sebulan, dia mengaku menghasilkan Rp 15 juta, penghasilan tersebut bertambah dua kali lipat jika ia mengikuti pameran. “Kalau ada pameran banyak tanaman terjual, nominalnya, bisa   mencapai sekitar Rp.  25 hingga 30 juta rupiah,” jelas Komang

Keberhasilan Komang dalam usaha tanaman hias, tak lepas dari perawatan tanaman, termasuk dalam penggunaan pupuk, EM4 dipilih Komang sebagai pupukcair dn padat (bokashi)  karena sudah terbukti dan banyak digunakan oleh masyarakat, termasuk petani, tukang kebun, peneliti dan orang yang berkecimpung dalam usaha perkebunan dan peternakan. 

“Saya sudah coba gunakan pupuk merek lain, tetapi tidak  sebagus EM4, Setelah   saya semprot EM4, tanaman terlihat seger, daun cerah,  batang kuat. Tanaman juga terlihat menarik, serta rajin berbunga, warnanya juga  menarik,” ujar pria yang sudah berkeluarga ini      

EM4 rutin ia berikan pada tanaman hias, melalui penyemprotan berkala seminggu sekali, hasilnya semua jenis tanaman hias tumbuh subur dan rajin berbunga, tidak hanya itu, batang tanaman juga sempurna teksturnya. Semua  jenis kamboja, aglonema, teh-tehan, krokot, oleander, bungur, palem ekor tupai, adenium, euphorbhia, anthurium jermani dan gelombang cinta, serta aneka jenis anggrek, tampil menarik dan sempurna, tak heran tanaman hias hasil budidaya Komang  mempunyai nilai jual tinggi. Beberapa tanaman hias miliknya dijual mulai Rp 10 ribu sampai Rp 3,5 juta. Jenis aglonema misalnya, dijual mulai Rp 50 ribu sampai Rp 750.000, anthurium cobra Rp 1,5 juta-Rp 3,5 juta.

Pupuk cair EM4 diakui sebagai salah satu dibalik kesuksesannya, pupuk multifungsi produksi PT. Songgolangit Persada ini, mampu menyuburkan tanah dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. selain itu, EM4 bisa digunakan untuk pelbagai jenis tanaman hias.”Tidak seperti pupuk lain, yang hanya bisa digunakan pada tanaman tertentu saja, bila salah penyemprotan bisa menyebabkan daun terbakar bahkan tanaman bisa layu dan mati,” tuturnya.

“EM-4 merupakan pupuk organikcair dengan kultur campuran mikroorganisme yang menguntungkan cocok dan bisa digunakan pada semua jenis tanaman hias,”jelas Komang lebih lanjut.    

Komang Ardika memiliki ratusan jenis tanaman hias yang ditanam di atas lahan berukuran 6 are/600 m2 dilakosi kios Wijaya Kusuma.  Dengan keuletan dan tangan dinginnya, satu bibit tanaman lokal maupun asal luar negeri, bisa ia kembangkan menjadi puluhan tunas baru. Selain menerima pesanan eceran, Komang juga menerima pesanan partai besar atau sewa tanaman untuk keperluan hotel, resepsi atau acara penting lainnya.  Dia juga menerima kontrak pembuatan taman indoor dan outdoor dari hotel, instansi pemerintah, swasta, dan tempat hiburan.

‘Semua yang saya peroleh saat ini, semua berkat EM4, dengan pupuk ini tanaman menarik, bagus, berbunga indah dan mudah dijual, ”jelasnya. Jadi mau tanaman berkualitas dan bernilai tinggi? Pakai saja EM4 pasti menguntungkan. ***

Komentar