EM4 Mampu Tingkatkan Produksi Rosella

Melihat prospek yang besar, banyak petani mulai melirik teh rosella sebagai salah satu sumber penghasilan yang besar selain bertani dan berkebun. Tak dipungkiri, rosella memang semakin ‘buming’untuk pecinta kesehatan. Hinga pegawai Dinas Kesehatan Tegalrejo Magelang , Muchtar Khudori (35) mempelopori petani yang ada di desanya menanam teh kesehatan tersebut ‘’Saat ini ada beberapa petani yang bergabung dengan saya, mengembangkan teh rosella. Dan selama ini saya yang memasarkan produksi mereka,’’katanya.

Pada awalnya kata Muchtar, hasil panen tak sebagus sekarang ini. Pasalnya, Muchtar sudah menggunakan teknologi EM4. Ada beberapa keuntungan menggunakan EM4. Pertama, biaya produksi dapat ditekan karena menggunakan Bokashi Padat dan Bokashi Cair sebulan dua kali. Kedua, produksi meningkat, 1 pohon bisa menghasilkan teh Rosella sebanyak 2- 3 kilo. Ketiga, akar tanaman lebih sehat dan tidak mudah terserang hama penyakit dan keempat warna teh rosella lebih merah sehingga lebih berhasiat dan dapat dipakai berulangkali dalam satu gelas (teh rosella kering).

Memang tak ada ruginya memilih teh rosella sebagai salahsatu sumber mata pencaharian petani.’’Saya sendiri seorang pegawai negeri, tertarik membudidayakan teh kesehatan ini, karena sangat prospektif sekali dimasa yang akan datang. Pokoknya tidak hanya sekedar menjadi tambahan pendapatan keluarga tetapi bisa menjadi sumber penghasilan utama,’’katanya.

Buktinya, Muchtar sudah banyak menjual hasil perkebunan rosella ke Jakarta, Lampung dan sekitar Semarang dan Yogyakarta.’’Tak hanya teh rosella (bunga pohon rosella) tetapi biji rosella juga dapat dipergunakan sebagai kopi yang juga sangat baik untuk kesehatan,’’katanya.

Berbagai khasiat dari teh ini diantaranya, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, menormalkan kadar gula darah, asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Teh Rosella juga baik untuk perokok karena dapat mengurangi dampak negatif dari nikotin serta dapat membasmi virus TBC dan mengurangi ketergantungan terhadap narkoba serta mencegah kanker. (A)

Komentar