EM4 Effektif Menghilangkan Bau Ternak Ayam

Apa yang menjadi persoalan peternak ayam khususnya dalam menghilangkan bau yang meresahkan masyarakat sekitar terjawab sudah. Tentunya dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan seperti EM4.

Tak perlu ragu dengan penggunaan EM4, Karena EM4 merupakan mikroorganisme campuran dari 80 jenis mikroorganisme fermentasi yang memfermentasi bahan organic. Jika proses fermentasi  berlangsung dalam penguraian bahan organic (kotoran ternak), maka pembentukan gas (bau busuk) dan panas dapat ditekan atau dihilangkan sama sekali. Bahkan mengurangi lalat dan hama penyakit.

Hal ini dialami  salah satu peternak ayam petelur milik Harjo di Desa Panti, Randi Gundam Jember. Sebelum menggunakan EM4, ternak ayamnya begitu bau hingga mengganggu dan meresahkan masyarakat sekitar tetapi setelah menggunakan teknologi EM4, bau yang menyengat dapat ditekan.  Karena masalah bau dapat teratasi ayam pun menjadi sehat termasuk para pekerjanya.

Seperti dikatakan Kacab PT. Songgolangit Surabaya, Raharko, jika pengolahan unggas kurang baik, limbah yang dihasilkan (kotoran ternak) lebih banyak menimbulkan masalah seperti penyakit ternak dan lingkungan dari pada keuntungan yang ditimbulkannya. ‘’Usaha yang paling banyak dilakukan oleh peternak adalah bagaimana membuang atau menjual secepatnya dan temtunya dengan harga yang murah kotoran ternak  yang menumpuk. Jelas terlihat peternak tidak mendapatkan nilai tambah dari hasil kotoran ternak tersebut,’’katanya.

Namun dengan teknologi EM4 , peternak bisa memanfaatkan limbah tersebut dengan lebih bernilai ekonomis untuk pertanian organic. Sebagaimana diketahui sekarang ini daerah-daerah pertanian sebagai penghasil lahan pangan telah kekurangan bahan organic dan miskin hara. Dan tentunya dengan EM4  dapat meningkatkan mutu kotoran ternak yang dihasilkan. Karena kotoran ayam tadi dapat dimanfaatkan kembali menjadi kompos yang bernilai tinggi (bokashi) serta dapat difermentasi menjadi pakan ternak

Keunggulan lain penggunaan teknologi effective mikroorganisme pada ternak dapat mengurangi jumlah lalat dan serangga ternak serta mengurangi ketegangan (stress) ternak.

            Dengan menggunakan EM4 diakui beberapa pekerja di peternakan tersebut, dapat mengurangi biaya produksi sehingga peternak dapat menarik keuntungan lebih dengan terus menjaga kualitas maupun kuantitas telurnya.***

Komentar